» » Agar Kue Kering Tak Keras

Jelang lebaran, semua sibuk menyiapkan sajian buat tamu. Kue kering pun menjadi tradisi yang wajib tersedia di rumah. Sebab, lebaran adalah saatnya bersilahturahmi, saling mengunjungi sanak saudara hingga kerabat.
Berbagai resep kue kering yang menarik dan enak pastinya bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Namun, sayangnya ternyata tidak semua resep yang dicantumkan ini bisa menghasillkan kue kering yang sempurna seperti yang Anda inginkan.
"Sebaiknya jangan menelan mentah-mentah semua resep yang dibaca. Resep hanya sekedar panduan, namun hasilnya mengikuti selera Anda," tukas Chef Bara Pattiradjawane 
Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika membuat kue kering adalah teksturnya yang terlalu keras. Menurut Bara ada beberapa penyebab kue kering ini bisa menjadi keras, antara lain:

1. Pemanggangan terlalu lama
Selain kue jadi lebih cepat gosong, pemanggangan kue yang terlalu lama juga akan membuat kue kering jadi terlalu keras. "Waktu ideal pemanggangan kue kering maksimal 20 menit," tukasnya. Sedangkan tingkat panas yang digunakan berkisar antara 130-170 derajat Celcius. Ia menambahkan bahwa tingkat panas ini tergantung pada jenis dan adonan kue. Semakin cair tekstur adonan (misalnya pada kue sagu keju, semprit dan lain-lain) ini maka temperatur yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Sedangkan untuk jenis kue yang mudah dicetak atau dibentuk seperti nastar atau kastengel maka temperaturnya sekitar 130 derajat celcius.

2. Komposisi tidak seimbang
Perhatikan berbagai bahan-bahan saat membuat kue kering. Pastikan perbandingan antara bahan-bahannya ini tepat, terutama tepung dan lemaknya. "Perbandingan yang paling tepat antara tepung dan lemak adalah 2 : 1," jelasnya. Jika tepung terlalu banyak,maka kue akan menjadi keras dan jika lemak terlalu banyak maka kue akan melebar dan rapuh.

3. Kurang telur
Salah satu penyebab kue menjadi keras adalah karena kurang telur. Di dalam pembuatan kue kering, telur tak hanya berguna untuk mengembangkan kue tapi berfungsi juga sebagai pengempuk kue.

Sumber : female.kompas.com

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply