» » WAWAKO,HARDIKNAS MOMEN TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

SERUMPUN RADIO-Upacara bendera di lapangan Engku Putri Batam, Kamis (2/5) pagi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013 berlangsung khidmat. Dihadiri ratusan pelajar, juga perwakilan guru dari berbagai tingkat sekolah, yakni TK, SD, SMP, SMA/SMK se-kota Batam. Turut hadir beberapa petinggi penting kota Batam, seperti Wakil Walikota (Wawako) Batam, Rudi SE yang juga bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Dinas Pendidikan kota Batam, Muslim Bidin, dan lainnya.

Rudi, dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan RI, Mohammad Nuh. Tahun ini, yang mana hari pendidikan nasional mengambil tema “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”.

Dikatakan menteri, layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi dan kewilayahan.  UUD 1954 mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dasar dan negara wajib membiayainya. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah bersama-sama masyarakat telah berusaha memenuhi amanat tersebut melalui pembangunan sekolah di seluruh Indonesia.

Pemerintah juga telah menyiapkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan dasar dan menengah, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bantuan Siswa Miskin (BSM), bidik misi dan beasiswa. Menteri juga mengajak para pecinta pendidikan untuk membuka posko drop out atau anti putus sekolah untuk memastikan agar anak-anak kita dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terutama dari jenjang pendidikan dasar ke menengah.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan, mulai tahun ajaran 2013/2014 akan ditetapkan kurikulum 2013 untuk pendidikan dasar dan menengah secara bertahap dan terbatas. Bertahap, berarti kurikulum tidak diterapkan di semua kelas di setiap jenjang, tetapi hanya di kelas 1 dan kelas 4 untuk SD, kelas 7 untuk SMP serta kelas 10 untuk SMA dan SMK. Terbatas diartikan bahwa jumlah sekolah yang melaksanakannya disesuaikan dengan tingkat kesiapan sekolah. Kuikulum 2013 ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh

Wawako, dalam kesempatan tersebut juga memberikan penghargaan kepada siswa, guru dan kepala sekolah berprestasi. Siswa berprestasi yakni Hardila Ratna Sari dari SDN 006 Sekupang, M. Chiesa dari SMPN 6 Batam serta Juniarita dari SMAN 3 Batam. Guru berprestasi yakni Muryani dari TK Kartini, A. Razak dari SDN 007 Sagulung, Hendri Naldi dari SMPN 27 Batam serta Nispida Yeni dari SMKN 1 Batam. Kepala Sekolah berprestasi yakni Titik Lestari dari TK Pembina 5, Solihin dari SD Muhammadiyah 1 serta Deden Suryana dari SMKN 1 Batam.

Selain itu, PT. Jamsostek Batam juga memberikan beasiswa kepada 545 siswa dan mahasiswa senilai Rp1,224 miliar. Begitu juga dengan Bank Jabar Banten yang juga memberikan beasiswa kepada siswa Batam. Salah satu siswa Batam, Zaskia dari TK A-zahra menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Zaskia tampil sebagai pemenang lomba gambar Nasional yang diselenggarakan Faber-Castell dan diikuti 51.000 peserta dari 54 kota. Zaskia keluar sebagai pemenang tingkat nasional dan berhak mendapatkan hadiah utama berwisata ke Disneyland Hongkong dan berhak membawa 1 orang pendamping. (DIT)

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply