» » 184 TAHUN BATAM,DPRD ADAKAN PARIPURNA

Serumpun Radio- Puncak peringatan Hari Jadi Kota Batam ke-184 tahun digelar dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Batam. Rapat yang dilangsungkan pada Rabu, 18 Desember’13, dipimpin Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi bersama 32 anggota DPRD Kota Batam. Selain Wakil Walikota Batam, Rudi,SE para mantan Walikota Batam dan mantan Ketua DPRD Kota Batam juga tampak hadir.

Penetapan hari jadi Batam dicatat pada 18 Desember 1892 dimana pada saat itu, Raja Nong Isa mulai memerintah Batam dalam hal ini Nong Isa. Pemerintahan Raja Nong Isa ini dimandatkan oleh Raja Riau Lingga yang berkuasa saat itu. Sejarah bangsa telah menunjukkan, Kesultanan Riau pernah tumbuh dengan pesat.

Wakil Walikota Batam, Rudi, SE dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Kota Batam senantiasa menuju arah yang lebih baik. Hingga Batam menjadi daerah utama pembangunan ekonomi di Kepri. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Batam juga senantiasa mengalami peningkatan dengan nilai Rp57,65 triliun pada 2012. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Batam tahun 2012 sebesar 78,46 dan merupakan peringkat 18 nasional. Daya dukung lahan untuk industri di Batam juga sangat baik, dimana Batam memiliki 26 kawasan industri yang tersebar di Sekupang, Kabil, Batuampar dan Muka kuning dengan luas lahan 1.029 ha. Potensi lahan di pulau Rempang, Galang dan Galang baru sangat mendukung pembangunan Batam, yang dihubungkan oleh enam jempatan dengan infrastruktur jalan yang sangat baik. Batam juga memiliki potensi yang besar sebagai daerah sentra pengembangan perikanan dan hasil laut lainnya. Industri di Batam mampu menyerap 330.592 tenaga kerja. Saat ini tercatat sebanyak 5.328 perusahaan di Batam yang didominasi sektor industry disusul sektor jasa lainnya seperti, perdagangan dan perhotelan. Batam juga memberikan kontribusi nasional dalam hal pariwisata dengan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 1.219.608 orang pada 2012 (rf).

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply