» » KEPALA BP BATAM MELAPORKAN LANGSUNG KESIAPAN MUDIK KE PRESIDEN RI

SERUMPUN RADIO-Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaja melaporkan langsung kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengenai kesiapan dan koordinasi pelayanan arus mudik dalam rangka lebaran 2014 atau Hari Raya Idul Fitri 1435 H dalam telekonferensi yang digelar bersama 10 lokasi pelabuhan, bandara, terminal bis, dan stasiun kereta api, Kamis (24/7).


Pada telekonferensi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, Kepala BP Batam Mustofa Widjaja didamping oleh Deputi 3 Bidang Pengusahaan Sarana Istono, Danlanal Batam Kolonel Laut R. Eko Suyatno, Kepala Kantor Pelabuhan Batam Captain Hari Setyobudi, dan Kabag Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Suwarso, serta jajaran Kantor Pelabuhan Batam.

Secara berurutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta penjelasan sekaligus pengarahan, yang diawali dari kesiapan Terminal Bis Tirtonadi Surakarta (Solo), kemudian dilanjutkan dengan kesiapan Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya Jawa Timur, kemudian kesiapan Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makasar Sulawesi Selatan, Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah, Pelabuhan Merak Banten, Bandara Internasional Juanda Surabaya, lalu Pelabuhan Laut dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Setelah Batam, Presiden SBY meminta penjelasan dan memberikan pengarahan kepada pengelola Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, dan paling akhir adalah Stasiun Kereta Api Solo Balapan.

Saat Presiden meminta penjelasan kesiapan Batam dalam menangani arus mudik, Kepala BP Batam Mustofa Widjaja mengatakan penduduk Pulau Batam berasal dari berbagai daerah Indonesia. Banyak para penduduk yang memanfaatkan lebaran dengan tradisi mudik dengan memanfaatkan transportasi udara dan laut. Tidak hanya dari Batam, akan tetapi juga dari sekitar Pulau Batam yang melakukan mudik. Bahkan para TKI yang bekerja di Malaysia dan Singapura banyak yang melakukan mudik melalui bandara Hang Nadim.

Menurut Mustofa Widjaja kenaikan jumlah penumpang dan penerbangan pada pertengahan bulan Ramadhan telah meningkat hingga 12% dan bisa bertambah lagi pada menjelang Idul Fitri. Bandara Hang Nadim bahkan telah menyiapkan diri untuk melaksanakan operasional 24 jam untuk melayani penerbangan ekstra yang didukung dengan pengamanan dan pelayanan kesehatan bagi para pengguna jasa bandara.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Pelabuhan Batam Captain Hari Setyobudi juga memberikan penjelasan tentang kesiapan terminal domestik Sekupang dan Telaga Punggur yang melayani para pemudik dengan tujuan beberapa pelabuhan di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, seperti Tanjung Priok, Belawan, Dumai, Tembilahan, Palembang, Bengkalis, Pekanbaru dan Tanjung Pinang, baik yang dilayani oleh kapal feri maupun kapal Pelni. Pergerakan kapal feri, baik yang datang maupun berangkat, telah mencapai 3.000 kapal atau terjadi kenaikan hingga 200%. Sedangkan kapal Pelni baru mencapai 90% dan diyakini akan meningkat pada menjelang Idul Fitri.

Sedangkan Danlanal Batam Kolonel Laut R. Eko Suyatno memberikan penjelasan mengenai kondisi cuaca baik di perairan Kepri maupun Natuna. Menurut Kolonel Laut R. Eko Suyatno cuaca di beberapa negara tetangga yang berdekatan dengan Natuna kurang baik dimana ketinggian gelombang laut bisa mencapai 1 hingga 2 meter. Untuk itu, pihak pengamanan laut, khususnya TNI AL menyiapkan beberapa 4 buah KRI dan 1 kapal patroli reaksi cepat yang ditempatkan di perairan Natuna, Selat Malaka dan wilayah perairan Kepulauan Riau lainnya yang didukung oleh Tim SAR untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan di laut atau terdapat kegiatan ilegal.

Presiden SBY mengapresiasi upaya yang telah dilakukan jajaran Kementerian Perhubungan bersama aparat keamanan, kesehatan dan pemerintah lokal setempat. Khusus Batam, Presiden SBY mengapresiasi kerjasama yang dilakukan dengan baik antara pemerintah daerah, BP Batam, TNI, dan Polri. Presiden juga terus mendorong kepada jajaran pemerintahan di Batam untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan mudik lebaran.

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply