» » BCC IKUTI GOWES BARENG DI SUBANG JABAR

SERUMPUN RADIO- BIFZA Cycling Community (BCC) atau Komunitas Sepeda BP Batam mengikuti gowes bersama Komunitas Sepeda Gowest6 Jakarta di Perkebunan Teh yang dikelola oleh PTPN VIII di Desa Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (23/11).

Gowes bersama dengan rute sepanjang 25 kilometer dan waktu tempuh sekitar 3 jam ini diikuti sekitar 150 pesepeda, baik dari BCC (Batam), Gowest6 (Jakarta), Bandung, Subang dan Bogor. Gowes bersama ini juga diikuti komunitas sepeda Lantamal III Jakarta, termasuk Komandan Lantamal III Jakarta, Laksamana Pertama TNI Aguk Dwi Wahyu.

Para anggota Marinir dari Yonmarhanlan menjadi marshall dalam gowes ini. Pada gowes bersama ini, para pegowes menginap di tenda militer yang didirikan di lapangan Desa Panaruban dan wajib mengikuti rute jalur sepeda yang telah dirancang oleh Marinir sedemikian rupa. Rute yang menanjak maupun menurun di sekeliling perkebunan teh dengan pemandangan alam pegunungan yang sejuk dan berkabut.

Rute antara lain melewati jalur tanah, jalan beraspal dan berbatu, bahkan dapat dikatakan cukup berat. Tidak jarang banyak para pegowes yang kesasar atau salah rute karena tidak memperhatikan tanda arah jalur. Meski hujan mewarnai, namun itu tidak menurunkan semangat para pegowes dalam gowes bersama ini.

Perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN VIII berlokasi di sebelah utara Lembang ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dulu, perkebunan ini adalah milik sebuah perusahaan perkebunan pemerintah Belanda saat masih menjajah Negara Indonesia. Setelah Indonesia merdeka dan memperoleh kedaulatan sepenuhnya maka secara otomatis perkebunan teh ini menjadi milik Indonesia.

Pada kesempatan gowes bersama ini juga diserahkan bantuan sosial berupa peralatan ibadah untuk mushola di desa setempat.

Ketua Komunitas Sepeda Gowest6 Jakarta, Feriyanto, mengatakan, gowes bersama ini bertujuan untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan dengan sesama komunitas di beberapa daerah, termasuk dengan para penggemar sepeda di Subang.

Sementara itu Koordinator Pelaksana Gowes Bersama di Subang Jawa Barat yang juga Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyon Marhanlan) Lantamal III, Mayor (Mar) Gugun Saeful Rahman mengatakan, Gowes Bersama di Subang selain untuk olahraga dan menjalin kebersamaan juga dalam rangka turut memperkenalkan berbagai rute atau jalur sepeda dan beberapa lokasi wisata di Subang Jawa Barat,

Sedangkan menurut koordinator gowes bareng BCC, Fery Nawa Pamungkas, mengatakan BCC sering mengikuti gowes bersama di beberapa daerah. Menurutnya rute gowes kali ini cukup melelahkan, akan tetapi juga menyenangkan.


Jambore sepeda ini, menurut Fery Nawa, tentunya juga untuk mempererat silaturahim dengan para komunitas sepeda di beberapa daerah dan membuka wawasan para anggota BCC untuk mengenal jalur sepeda daerah lain.

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply