» » BP BATAM ADAKAN PEMBERDAYAAN POTENSI PENGEMBANGAN RUMPUT LAUT

SERUMPUN RADIO- Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Direktorat Lalu Lintas Barang mengadakan sosialisasi pengembangan potensi rumput laut di gedung marketing centre BP Batam pada Kamis (27/11).
Sosialisasi ini diikuti oleh 50 pelaku usaha kecil menengah yang ada di Batam dan pemenang Technopreneur BP Batam yang diselenggarakan belum lama ini.
 Acara sosialisasi ini dibuka oleh Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Tri Novianta Putra. Dalam sambutanya ia mengatakan, ada banyak produk turunan yang dihasilkan dari rumput laut terutama untuk kebutuhan pangan contohnya adalah nori yang merupakan bahan dalam pembuatan makanan jepang, yaitu sushi.
 Melihat perkembangan kuliner jepang di Batam banyak peminatnya, maka sosialisasi potensi pengembangan rumput laut untuk para pelaku usaha kecil menengah dianggap perlu.
 Narasumber pada sosialisasi ini adalah Peneliti Biologi dan Ekologi Rumput Laut dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Tri Handayani; Peneliti Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika dari UPT Loka pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi LIPI, Triyono.
 Dalam materinya Tri Handayani memaparkan mengenai diversitas, sebaran dan potensi rumput laut di perairan Batam dan sekitarnya.
 Menurut dia, melihat kondisi perairan Indonesia sangat mendukung untuk dikembangkan kegiatan budidaya rumput laut, baik rumput laut yang sudah umum dibudidaya maupun yang belum dibudidaya skala besar, di Teluk Kering, Batam sudah ditemukan 47 spesies rumput laut antara lain 16 rumput laut hijau, 13 rumput laut coklat dan 18 rumput laut merah.
 Pada sesi kedua Triyono menyampaikan mengenai potensi dan peluang pemanfaatan rumput laut di Indonesia. Ia mengatakan rumput laut dapat dijadikan sebagai komoditas unggulan, diantaranya peluang ekspor terbuka luas, teknologi pembudidayaan yang sederhana sehingga mudah dikuasai, kebutuhan modal relatif kecil, kegunaan rumput laut yang sangat luas serta lain sebagainya.

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply