» » MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN KALTIM BERKUNJUNG KE BP BATAM



SERUMPUN RADIO- Sebanyak 49 mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur didampingi sejumlah dosen program studi (prodi) Pemerintahan  berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (21/4).

Kedatangan mereka diterima oleh Kasubdit Humas dan Publikasi, Ilham Eka Hartawan, Kabag Mutasi dan Tata Usaha Biro Kepegawaian Budi B. Susilo, dan Kasi Rencana dan Sarana Pemasaran, Djohan Effendy di Balairungsari lantai 3 BP Batam, Batam Centre.

Ketua Prodi Pemerintahan, Mohammad Nur mengatakan, tujuan kunjungan mahasiswa Prodi Pemerintahan Universitas Mulawarman adalah untuk mempelajari profil Pulau Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan sekaligus meningkatkan pengetahuan dalam tatakelola kepemerintahan.

“Batam sebagai daerah khusus yang mengagumkan, banyak kemajuan telah dicapai, seperti dari sisi industri, infrastruktur, kepelabuhan, bahkan keindahan pariwisata. Semua menjadi bukti konkrit dari keberadaan BP Batam sejak membangun Batam,” ujar Nur saat memberikan sambutan.

Dalam kunjungan tersebut, Ilham Eka Hartawan menyampaikan penjelasan tentang perkembangan Pulau Batam. Ia mengatakan, Batam mulai dikembangkan sebagai basis logistik dan operasional untuk industri minyak dan gas bumi oleh Pertamina.

Kemudian berdasarkan Kepres No. 41 tahun 1973, pembangunan Batam dipercayakan kepada lembaga pemerintah yang bernama Otorita Batam atau sekarang dikenal dengan BP Batam.

“Selain (karena) letaknya yang strategis, Batam juga didukung penuh oleh Pemerintah Pusat untuk mewujudkan suatu daerah industri bertaraf Internasional,” kata dia.

Ilham menambahkan lahirnya Undang Undang Nomor 44 tahun 2007 yang menetapkan Batam Bintan dan Karimun sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (Free Trade Zone) akan semakin mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Kemudian merancang suatu kelembagaan yang efisien dan profesional  menjadi faktor keutamaan dalam membentuk suatu kawasan ekonomi khusus.

Pada umumnya mahasiswa banyak mendiskusikan tentang kewenangan BP Batam dalam mengelola Pulau Batam. Sebagaimana yang dikemukakan salah satu mahasiswa, bahwa Batam memiliki tataruang yang baik dan dapat menarik calon investor sehingga pertumbuhan investasinya sangat tinggi dan dapat menyerap jumlah tenaga kerja yang banyak.

Usai kunjungan para mahasiswa Universitas Mulawarman melakukan peninjauan ke beberapa infrastruktur dan kawasan industri di Batam.

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply