» » GERHANA MATAHARI, KM KELUD HENTIKAN RUTE KEPRI, SUMATRA DAN JAWA

SERUMPUN RADIO- Lantaran di pakai pemerintah pusat untuk angkut wisatawan menyaksikan Gerhana Matahari di Indonesia Timur, operasional KM Kelud dihentikan. 

Menurut Manajer Operasional PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Cabang Batam, Dahlan, rute Batam-Jakarta dan Batam- Medan dihentikan sementara selama seminggu, karena tidak adanya kapal pengganti KM Kelud untuk mengisi kekosongan, setelah di pake Kementerian Pariwisata untuk acara di Indonesia Timur. KM Kelud akan beroperasi kembali pada, Sabtu (12/3/16) setelah Rabu (2/3/2016) lalu terakhir berlayar menuju Jakarta. 

Seperti yang diketahui, fenomena alam Gerhana Matahari total ini akan melintasi bumi Indonesia, Rabu (9/3/16) selama 1 hingga 3 menit di 11 Provinsi saja, selebihnya akan terjadi di wilayah perairan Samudera Pasifik. 

Pada saat terjadi Gerhana Matahari, Bulan akan bergeser menghalangi cahaya Matahari. Pergerakan Bulan dalam mengintari Matahari terjadi dari arah Barat menuju Timur, sehingga Gerhana Matahari akan terjadi dari wilayah Barat hingga kelautan Hindia. Lalu melintasi 11 Provinsi di Indonesia sebelum berakhir di Samudera Pasifik. 

Ada sekitar 3000 ilmuan dari seluruh dunia akan datang ke Indonesia, terutama di Palu, Sulawesi Tengah untuk mengobservasi kejadian langka ini. 

Ke-11 Provinsi itu adalah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung. Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Serta di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara (DK/Rf)

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply