» » 5 HAL YANG HARUS DIPIKIRKAN SEBELUM MENJUAL RUMAH



Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang sering menanyakan apa-apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjual rumah agar dapat menarik minat calon pembeli. Sebenarnya dalam melakukan jual rumah, tidak hanya minat dari calon pembeli saja yang perlu diperhatikan, namun juga harus memperhatikan akan kelengkapan dan data-data dari rumah yang akan dijual. Pemilik Rumah harus menyiapkan segala sesuatunya agar tidak repot dibelakang.

Melakukan penambahan terhadap daya listrik
Kebutuhan elektronik kian meningkat dari tahun ke tahunnya. Dan anda juga tidak mengetahui apakah calon pembeli rumah tersebut memiliki kebutuhan elektronik yang seperti apa. Oleh karena itu disarankan untuk anda dalam memikirkan ulang tentang kecukupan daya listrik sebelum bertekat untuk menjual rumah kepada orang lain. Ada baiknya jika rumah tersebut telah dilengkapi atau bahkan di tambah daya listrik agar nantinya ketika sudah terjual tidak perlu repot - repot untuk menambah daya listrik lagi.

Melakukan erawatan rumah
Kondisi rumah yang akan dijual perlu diperhatikan terlebih dahulu. Terlebih lagi pada kondisi kayu pada kusen dan juga keramik lantai. Jangan lupa untuk merawat kembali atau memastikan kembali pada kondisi rumah yang akan anda jual. Seperti merawat perabotan atau kusen kayu dan memberikan cairan plitur agar bagus kembali.

Menyiapkan dokumen atau sertifikat rumah
Status Sertifikat Hak Guna Bangunan atau yang biasa disebut HGB sebenarnya bisa ditingkatkan. Walaupun demikian, harus diantisipasi oleh calon pembeli yang tidak mau repot. Ada baiknya jika sertifikat rumah yang akan dijual nanti telah ditingkatkan menjadi sertifikat hak milik atau biasa disebut SHM. Agar dapat menambah nilai jual dari rumah tersebut.

Memeriksa sambungan air dan gas
Tidak hanya listrik yang perlu diperhatikan namun keberadaan air dan juga gas yang merupakan sebuah item yang wajib dimiliki. Kedua item ini merupakan hal yang paling penting yang perlu dimiliki oleh masing - masing rumah. Oleh karena itu perhatikan sebelum menjual rumah anda bahwa kedua item tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

Memeriksa keadaan dinding dan saluran pembuangan
Apabila rumah anda memiliki dinding yang pecah - pecah atau retak, ada baiknya sebelum menjualnya anda perbaiki terlebih dahulu. Untuk saluran kloset juga perlu diperiksa. Hal ini dapat menghindari yang namanya dampak negatif yang dapat muncul belakangan.

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply