» » BANTUAN SOSIAL TUNAI SUDAH MULAI DI SALURKAN MELALUI KANTOR POS

SERUMPUN RADIO – Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) di Kota Batam dimulai hari ini, Kamis (14/5). Sejak pagi, Kantor Pos Batam Centre sudah didatangi warga Kecamatan Batam Kota khususnya dari Kelurahan Sungai Panas dan Sukajadi.
Saat tiba di lokasi pembagian BST, warga langsung menuju papan pengumuman. Guna memastikan nama mereka ada dalam daftar. Setelah itu mengambil antrean dan duduk menunggu nomor urutnya dipanggil petugas. Pihak Kantor Pos telah menyediakan tenda dan kursi untuk warga menunggu antrean.
Satu per satu kemudian masuk ke dalam Kantor Pos ketika nomornya tiba. Di dalam, petugas sudah menunggu dengan data penerima bantuan di atas meja.
Warga menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga. Lalu petugas mencocokkan dengan data yang dipegang Kantor Pos. Selanjutnya, penerima bantuan kembali menunggu di kursi bagian dalam.
Kursi panjang di ruang utama Kantor Pos ini tampak disilang sebagian. Tujuannya tak lain agar warga yang mengantre duduk terpisah-pisah. Sesuai protokol pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19) yang menganjurkan untuk jaga jarak individu atau physical distancing.
“Pemberian jarak tempat duduk itu kita lakukan sesuai protokol Covid-19. Petugas kita juga kita lengkapi dengan pelindung diri berupa masker, face shield, dan sarung tangan. Warga yang datang untuk mengambil BST juga kita wajibkan pakai masker. Dan kita sediakan hand sanitizer di lokasi,” tutur Kepala Kantor Pos Batam, Masni Gardenia Augusta.
Pada hari pertama ini, penyaluran dijadwalkan untuk 517 keluarga penerima manfaat (KPM) dari dua kelurahan di Kecamatan Batam Kota. Sedangkan empat kecamatan lain menyusul di Jumat dan Sabtu (15-16/5). Pada tanggal 15 Mei untuk Kelurahan Baloi Permai dan Belian. Sedangkan 16 Mei untuk Kelurahan Taman Baloi dan Teluk Tering.
“Kantor Pos Batam Centre ini hanya untuk penyaluran BST wilayah Kecamatan Batam Kota. Kecamatan lain di cabang kantor pos terdekat. Ada 12 kantor pos cabang yang kita siapkan sebagai kantor bayar,” ujarnya.
Jadwal pembayaran BST ini juga dibagi dalam satu pekan, 14-20 Mei, karena keterbatasan petugas. Dalam satu hari, tiap lokasi mampu melayani sekitar 500 warga.
Sementara itu, Camat Batam Kota Aditya Guntur Nugraha mengatakan pihaknya sudah koordinasi dengan pencacah di kelurahan untuk menyampaikan informasi ke KPM terkait pencairan BST ini.
“Kita sampaikan melalui pencacah-pencacah di Kelurahan dan TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan). Datanya baru kami terima kemarin. Tapi dikejarkan semua dengan tenaga penuh dari pencacah, tim kelurahan, dan TKSK Batam Kota,” papar Aditya.
Bantuan Sosial Tunai ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Jumlah BST yang disalurkan di Kota Batam sebanyak 24.245 KPM. Penyalurannya dilakukan melalui tiga wadah, yaitu Bank BNI, BRI, dan Kantor Pos.
Untuk penyaluran melalui BNI dan BRI, dana sebesar Rp600.000 diberikan dalam bentuk non tunai. Bantuan ditransfer ke rekening para penerima. Sedangkan BST yang disalurkan melalui Kantor Pos, diberikan secara tunai.(Media Center Batam )

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply