» » Berkat Program JKN, Hipertensi Tri Handayani Terkontrol dengan Baik

SERUMPUN RADIO - Darah tinggi atau Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan utama masyarakat Indonesia. Hipertensi dapat terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lebih tinggi dan diatas tekanan darah normal yang dianjurkan.Penyakit ini merupakan salah satu faktor resiko penyakit lain seperti jantung, Diabetes Melitus, dan Stroke.

Tri Handayani (48) adalah seorang ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) program JKN.Tri mengatakan, sudah bertahun-tahun ia menderita penyakit Hipertensi dan harus melakukan control secara rutin kerumah sakit setiap bulannya.

“Saya sudah lama menjadi peserta JKN. Selama berobat menggunakan KIS, tidak ada masalah dalam pelayanan dan biaya pengobatan, semua lancar-lancar saja.Pokoknya, ikuti saja prosedur yang ditentukan kalau mengalami kesulitan silahkan hubungi customer service atau petugas BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Tri menambahkan, berkat Program JKN ia bisa mengontrol penyakit Hipertensi dengan baik. Sebab selain karena tidak perlu memikirkan biaya kontrol yang harus dikeluarkannya, BPJS Kesehatan juga memiliki Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Prolanis yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan dapat meningkatkan kesehatan penderita penyakit kronis melalui aktivitas sepert kegiatan konsultasi kesehatan, pelayanan obat, pemeriksaan penunjang serta edukasi dan senam prolanis di waktu tertentu oleh FKTP tempat peserta terdaftar.

“Selain banyak manfaat yang didapat, iurannya juga tidak mahal. Sudah seharusnya setiap masyarakat mendaftarkan diri menjadi peserta JKN tentunya sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing,” kata Tri.

Menurut Tri, penting baginya memilih asuransi yang pasti. Dengan iuran yang terjangkau namun dapat menjamin hampir seluruh penyakit. Termasuk penyakit berbiaya besar seperti jantung dan lainnya.

"Menurut saya, alangkah baiknya kita memilih asuransi yang pasti-pasti saja. Biaya berobat saat ini pasti mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sementara kalau menggunakan KIS, kita cukup menunjukan kartu JKN saja tanpa harus membayar sendiri dahulu. Pelayanannya juga semakin baik,” kata Tri.

Tri sangat bersyukur dengan adanya program JKN.Ia selalu berharap program ini berkesinambungan dan berkembang baik dari segala aspeknya. Baik manfaat yang diberikan, pelayanan di kantor dan fasilitas kesehatan serta kemudahan yang diberikan kepada peserta.

 

 

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply