» » Perluas Akses Layanan PRB, BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Apotek Dunia Farma Pelita

SERUMPUN RADIO - Program Rujuk Balik (PRB) merupakan salah satu program JKN yang memberikan pelayanan kepada peserta penderita penyakit kronis. Program ini diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau perawatan jangka panjang.

Yusrianto selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa untuk memperluas akses layanan pasien PRB, BPJS Kesehatan menjalin kerjasama dengan Apotek Dunia Farma Pelita sebagai penyedia obat.

“Salah satu dari tidak optimalnya program PRB biasanya karena ketidaktersediaan obat di apotek atau mapping yang kurang baik sehingga memungkinkan dalam suatu wilayah kecamatan tidak ada apotek yang tersedia, untuk itu kami berusaha menjalin kerjasama dengan apotek di daerah Pelita karena memang disana belum tersedia apotek PRB,” kata Yusrianto.

Yusrianto mengatakan setiap pihak baik itu FKTP, FKRTL dan apotek memiki peran
masing-masing dalam program ini, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik antar pihak dan komitmen untuk menjalankan program tersebut.

Apotek dalam hal ini memiliki peran untuk memastikan peserta mengambil obat secara rutin dan memastikan ketersediaan obat sehingga meminimalisir keluhan peserta terkait tidak tersedianya obat di apotek.Selain menyediakan obat, setiap petugas di apotek juga diharuskan untuk memberikan edukasi kepada pasien agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya dalam hal mengonsumsi obat terutama pada pasien dengan penyakit kronis.

“Petugas juga diharuskan untuk dapat mengedukasi dan mendorong peserta agar dapat berpartisipasi aktif dalam manajemen obat secara mandiri serta patuh dalam mengonsumsi obat dengan memperhatikan dosis, frekuensi dan waktu minum,” kata Yusrianto

Aprilya Sri Rachmayanti selaku Apoteker penanggungjawab Apotek Dunia Farma Pelita yang berkedudukan di Jalan Sriwijaya Komplek Suri Graha Blok A No 1-3, Batam ini mengatakan bahwa dalam hal melayani peserta JKN pihaknya akan memastikan setiap pegawai memberikan pelayanan terbaik bagi peserta tanpa membedakan dan menjamin tidak ada iur biaya.

“Dengan tagline Dunia Farma Pelita Membantu Anda Menuju Sehat kami akan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN,” kata April.

Untuk menjamin tersedianya stok obat sehingga pelayanan kepada peserta PRB menjadi optimal pihaknya mengaku akan berusaha untuk memastikan stok obat memadai.

“Kami upayakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan obat yang efektif dan efisien sehingga stok obat selalu tersedia,” kata April.

 

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply