» » Tahun 2022 Belum Jadi Peserta JKN? Yuk Simak Cara Daftar dan Manfaatnya.

SERUMPUN RADIO - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh penduduk Indonesia agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya dengan layak. Tujuan dari program ini adalah sebagai bentuk proteksi diri dan keluarga, bergotong royong, dan memenuhi kewajiban sebagai warga negara.

Memasuki tahun ke-9, BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas untuk memberikan kemudahan kepada peserta. Salah satu hal  yang menjadi focus adalah kemudahan peserta untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN.

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPKS Kesehatan Cabang Batam, Moh. Irham Syahbana mengatakan bahwa kini BPJS Kesehatan menyediakan berbagai kana llayanan untuk proses pendaftaran baik tatap muka maupun non tatap muka.

“Untuk layanan tatap muka, masyarakat Kota Batam dapat mengunjungi kantor cabang yang terletak di Jalan Gurindam Batam Center dari Senin sampai dengan Jumat
pada pukul 08.00-15.00 WIB. Namun saa tini kami prioritaskan untuk peserta kelas 3, PBI dan peserta Bukan Pekerja (BP),” kata Irham.

Jika tidak memiliki kesempatan untuk mengunjungi kantor cabang, tidak perlu khawatir karena kini BPJS Kesehatan sudah menyediakan banyak kana llayanan non tatap muka untuk melakukan proses pendaftaran seperti Pandawa dan Mobile JKN.

“Kanal layanan non tatap muka yang disediakan sudah cukup banyak, masyarakat bisa memilih kanal yang disukai. Misalnya mau melalui Mobile JKN silahkan terlebih dahulu download aplikasinya di App Store atau Play Store. Nah,jika ingin melalui Whatsapp bisa ke PANDAWA di nomor 0811 8 165 165,” kata Irham.

Dengan banyaknya kanal yang disediakan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN, Irham berharap tidak ada lagi masyarakat Kota Batam yang tidak terdaftar dengan alasan sulit mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan.

“Jangan lupa pastikan berkasnya lengkap. Mulai dari KTP, KK, buku rekening, dan materai 10.000,” kata Irham.

Petrus Imanuel Siburian salah satu peserta JKN yang ditemui di RS Camatha Sahidya Muka Kuning mengatakan bahwa dengan kemudahan akses layanan administrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan serta manfaat yang diberikan oleh program ini, sudah seharusnya setiap penduduk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN.

“Program ini sangat membantu sekali. Kalau bisa seluruh masyarakat jadi peserta JKN. Sebab jika sakit dan tidak bisa mengumpulkan uang banyak itu susah sekali. Untuk itu saya bilang daftarlah jadi peserta JKN,” kata Petrus.

Hampir seluruh penyakit dijamin oleh program JKN asalkan sesuai prosedur dan indikasi medis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk daftar jadi peserta JKN.

 

 

 

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply