» » AHMAD DAHLAN :PENYEBAB BANJIR AKIBAT SARANA INFRASTRUKTUR TIDAK SEBANDING DENGAN DRAINASE

SERUMPUN RADIO - Hujan yang mengguyur batam belakangan ini menimbulkan banjir di beberapa tempat di kota Batam. Menanggapi perihal banjir ini, Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan hal tersebut dikarenakan sarana infrastruktur di Batam yang tidak sebanding dengan drainase yang ada.

Selain itu, maraknya aktifitas cut and fill untuk pembangunan, yang kerap kali membuat saluran drainase tersumbat juga menjadi faktor pendukung terjadinya banjir.

“Daerah seperti Batam ini tidak mungkin terhindar dari banjir, karena Batam dalam tahap pembangunan. Juga banyak dilakukan aktifitas cut and fill untuk pembangunan, dimana bila pembangunan terus digalakkan, sementara daya tampung aliran air semakin menyempit dan mengalami pendangkalan karena endapan tentu akan banjir,"kata Dahlan.

Dahlan juga menambahkan, pembangunan yang dilakukan ini harus jelas persyaratannya. Selain masalah pengawasan, para pengusaha yang membangun harus memperhatikan masalah yang akan timbul seperti banjir. Ia mengharapkan agar para pengusaha tersebut bersedia membangunan drainase di kawasan pembangunan, supaya tidak terjadi banjir.

"Saya harap para pengusaha yang membangun bisa lebih peduli terhadap lingkungannya. Tentunya bila membangun alangkah baiknya bila membangun drainase di kawasan pembangunan juga, untuk mengantisipasi terjadinya banjir," katanya.

Disinggung masalah grand desain atau masterplan pembangunan drainase, Dahlan mengatakan bahwa pihaknya akan secepatnya menyelesaikannya, yang mana saat ini masih terus dilakukan yang rencananya akan dibuat secara parsial atau perkawasan.

"Kita akan terus kejar, karena memang perlu dibikin grand design ini, walaupun tidak secara keseluruhan, paling tidak per-zona secara parsial atau perkawasan. Walaupun ada kendala-kendala, seperti bangunan-bangunan baru, dan sebagainya. Kita akan terus berusaha," terang Dahlan. (DIT)

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply