» » SIAP-SIAP,.BBM AKAN NAIK LAGI ?

SERUMPUN RADIO-Amzakar Ahmad, Kepala dinas perindustrian dan perdagangan dan ESDM Kota Batam  mengatakan, dirinya memperidiksi apabila di kota Batam nantinya BBM bersubsidi naik, tidak akan mempengaruhi secara signifikan. Hal tersebut dapat terlihat dari data inflasi tiga bulan terakhir yang relatif stabil.

"Kita prediksi inflasi tidak lebih dari dua persen, bila BBM bersubsidi jadi naik. Pengaruhnya juga kurang lebih tiga bulan saja setelah itu akan kembali normal," jelasnya.

Amzakar juga mengatakan, ia telah mempersiapkan pengamanan terhadap efek-efek yang mungkin timbul akibat kenaikan BBM bersubsidi, baik kenaikan inflasi juga kenaikan harga kebutuhan pokok. Menurutnya, hal pertama yang akan dilakukan oleh Pemko Batam untuk menekan lanju inflasi dan juga kenaikan harga adalah dengan melakukan operasi pasar.

"Kita akan melakukan operasi pasar di Batam pada saat BBM bersubsidi naik, akan gencar kita lakukan nantinya hingga harga kembali stabil. Kita juga akan keluarkan raskin. Dua program inilah yang telah kita persiapkan bila BBM naik nantinya," katanya.

Selain itu, ia mengatakan menjelang kenaikan BBM ini, hal yang perlu diantisipasi adalah aspek keamanan. Menurutnya, keamanan ini harus diperketat tidak hanya waktu menjelang kenaikan BBM, namun juga saat kenaikan dan juga pasca kenaikan. Belajar dari pengalaman yang dahulu, yang mana pasti terjadi demonstrasi, antrian kendaraan yang panjang dan juga penimbunan. Hal ini tentu saja sangat perlu diantisipasi.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kebijakan kenaikan BBM baru akan diambil oleh presiden setelah DPR RI menyetujui beberapa kebijakan sebagai langkah pengimbang dari kenaikan BBM. Kalau kebijakan pengimbang tidak ada tentunya akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan hal-hal lain.

Amzakar sendiri berpendapat, idealnya kenaikan BBM ini dilakukan pada bulan Juni mendatang. Mengingat, pada bulan itu bertepatan dengan puasa, lebaran, liburan. Yang mana, tingginya permintaan akan barang dan komsumsi masyarakat pada waktu itu juga akan menjadi faktor pengaruh. (DIT)

About SerumpunRadio Batam

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply