» » Masyarakat Nongsa Andalkan Program JKN BPJS Kesehatan

SERUMPUN RADIO - Dalam rangka mengoptimalkan, memberikan keseragaman pemahaman serta informasi terkait program JKN, BPJS Kesehatan Cabang Batam sering kali melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada peserta JKN salah satunya adalah kepada masyarakat Nongsa.

Tidak hanya memberikan informasi terkait pendaftaran peserta dan pelayanan kesehatan program JKN-KIS, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk menginformasikan betapa pentingnya menjadi peserta program JKN.

“Penting untuk diketahui, bahwa menjadi peserta JKN itu tidak hanya sekedar mengikuti himbauan pemerintah, tapi juga untuk perlindungan apa bila nanti menderita sakit yang membutuhkan biaya besar serta menerapkan prinsip gotong royong membantu peserta yang sakit dalam program JKN,”kata Cory, Supervisor Frontliner BPJS Kesehatan Cabang Batam.

Cory Cintami Yama petugas BPJS Kesehatan yang menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut memberikan simulasi pengobatan jantung jika peserta membayar secara pribadi tanpa dijamin oleh program JKN. Dengan biaya yang cukup tinggi, maka tidak cukup hanya mengandalkan biaya dari satu orang saja.

“Biaya operasi jantung 150 juta, jika Bapak Ibu adalah peserta kelas 3 dengan iuran 35 ribu maka butuh 4.286 orang untuk membiayainya,” kata Cory.

Cory juga menyampaikan, agar semakin banyak peserta yang paham pentingnya menjadi peserta JKN, pihaknya akan melangsungkan kegiatan PIL ini secara rutin. Untuk bulan Juni ini, BPJS Kesehatan sudah mengunjungi masyarakat Baloi Indah, Sagulung, Sei Harapan, Lubuk Baja, dan Nongsa. Kegiatan ini tentunya akan berlanjut di daerah lain.

Fasno, salah satu peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa selama ini ia dan banyak masyarakat di Nongsa sangat mengandalkan program JKN dalam memperoleh layanan kesehatan. Ia berterimakasih sebab dengan kegiatan ini ia jadi lebih paham informasi terbaru terkait program JKN.

“Kami di Nongsa ini sangat mengandalkan program JKN dalam memperoleh layanan kesehatan.Sebab saya merasakan sendiri, operasi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dengan program JKN,” kata Fasno.

Oleh sebab menjadi peserta JKN sangat penting, ia berharap BPJS Kesehatan dapat mengakomodasi masyarakat Nongsa yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta JKN termasuk bayi baru lahir sebabjarak yang cukup jauh dari Nongsa kekantor cabang.

“Saya ingin BPJS melakukan jemput bola supaya masyarakat lebih mudah untuk mendaftar.Kami berharap BPJS Kesehatan sering mengunjungi kami disini untuk layanan pendaftaran,” kata Fasno.

 

 

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply