» » Upayakan Percepatan UHC, Sekda Kumpulkan Lurahse-Kota Batam

SERUMPUN RADIO - Salah satu indicator keberhasilan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten atau Kota. Sebagai upaya percepatan UHC di Kota Batam tersebut, BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kota Batam melaksanakan kegiatan upaya percepatan UHC dengan mengundang seluruh Lurah dan Pencacahse-Kota Batam pada Jum├ít (4/11) di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Batam Center.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Iwan Adriady mengatakan bahwa target kepesertaan JKN adalah mencakup 98% dari penduduk Indonesia pada tahun 2024. Sementara, sampai dengan saat ini jumlah penduduk Kota Batam yang terdaftar sebagai peserta JKN adalah sejumlah 92,54% dari jumlah penduduk Kota Batam 1.207.082 jiwa.

“Dari jumlah tersebut artinya masih ada sekitar 90 ribu jiwa penduduk Kota Batam yang belum dilindungi kesehatannya oleh program JKN,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, beberapa tahun belakangan Pemko Batam sudah memberikan dukungan dengan mengalokasikan anggaran daerah untuk peserta JKN yang dibiayai oleh pemerintah.Dalam hal ini, Pemko Batam memberikan kuota PBPU BP Pemda sebanyak 47.500 jiwa di tahun 2022. Namun dari alokasi yang diberikan, masih ada 17.000 kuota yang tersedia.

“Untuk itu bersama kita optimalkan kuota yang telah disediakan oleh Pemko untuk melindungi penduduk kota Batam yang belum terdaftar sebagai peserta JKN. Dalamhal ini kami mohon bantuan dari Lurah dan pencacah untuk melakukan pendataan penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk kemudian dapat didaftarkan sebagai peserta PBPU BP Pemda,” kata Iwan.

Sekretaris Daerah Kota Batam yang hadir mewakili Walikota Batam, drs. H. Jefridin mengatakan bahwa tercapainya UHC Kota Batam merupakan suatu hal yang sangat penting. Untuk itu ia menegaskan bahwa dukungan Lurah dan pencacah untuk mendaftarkan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN sangat dibutuhkan.

“Tanggung jawab kita untuk memastikan 95% penduduk Kota Batam terdaftar sebagai program JKN di tahun ini. Tahun depan naik menjadi 98%. Mohon bantuannya kepada Lurah dan pencacah agar dapat mendaftarkan penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN. Ada 90 ribu jiwa potensi yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Batam,” kata Jefridin.

Jefridin mengatakan, perhatian Walikota Batam sangat besar terhadap UHC. Hal ini ditunjukkan dengan anggaran yang tersedia untuk menjamin penduduk Kota Batam dalam program JKN.

“Kita harap ini bisa tercapai. Jika ada masyarakat yang tidak memiliki KTP, tolong dilaporkan. Untuk Dinas sosiali, jika ada permintaan terkait kepengurusan administrasi sebanyak apapun dari kelurahan, tolong diproses sesuai prosedur,” kata Jefridin.

 

 

About Serumpun Radio

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply